Hijabers

Tips Mengenakan Hijab Agar Tetap Nyaman

Assalamualaykum Sahabat Sholiha,

Menanggapi fenomena yang terjadi pada kurun waktu kurang lebih 10 dekade belakangan ini, umat Islam patut berbangga karena semakin banyak wanita muslimah yang telah memiliki kesadaran akan kewajibannya mengenakan pakaian tertutup dengan berhijab.

Saat ini wanita-wanita muslimah semakin tercerahkan dengan banyaknya informasi keagamaan melalui media sosial maupun internet. Hal tersebut memberikan gambaran bahwa kehadiran tehnologi telah memberikan manfaat yang sangat besar bagi mereka yang mau mengambil sisi positifnya.

Disaat ada sangat banyak orang yang menghujat tehnologi sebagai penyebab kehancuran moral, disisi yang lain ada semakin banyak pula wanita-wanita yang semakin gigih menuntut ilmu dengan melihat, mendengar  dan membaca tausiah-tausiah dari da’i dan da’iyah yang memiliki cukup ilmu agama Islam melalui gawai. Bahkan jika hanya sekedar melihat gambar keindahan para wanita muslimah lain berkerudung, akan memberikan motifasi untuk ikut melakukannya. Baik itu melihat tokoh terkenal maupun artis Muslimah yang telah berhijrah.

Nah bagaimana agar kita tetap nyaman berhijab, kali ini Bunda Sholiha akan  memberikan tips agar kita selalu merasa senang, nyaman dan tetap yakin mengenakan hijab dalam segala suasana.

1. Tetapkan niat dulu ya Sahabat, bahwa sesungguhnya menutup aurat adalah merupakan kewajiban bagi seluruh wanita muslimah yang beriman. Ketika kita sudah memilih Islam sebagai jalan hidup, maka kita wajib berketetapan hati untuk menerima, mengikuti dan taat terhadap perintah agama yang telah di bawa oleh Rosulullah SAW. Untuk memperkuat niat ini Kita harus banyak belajar, harus mencari tau apa tujuan dan apa hukumnya jika kewajiban ini tidak dijalankan. Cobalah temui teman-teman yang sholiha dan hadirlah dalam kajian-kajian Islam bersamanya.

2. Pilihlah hijab yang sesuai dengan karakter kita, karena saat ini ada sangat banyak jenis dan model hijab yang bervariasi, sehingga kita tinggal menyesuaikan saja warna dan model hijab seperti apa yang paling kita sukai, tentu saja tetap harus memilih hijab yang Syar’i ya? Karena nilai ibadahnya terletak pada keseluruhan aspek yang sesuai syariat atau perintah agama Islam.

3. Pilihlah hijab dari bahan yang adem dan nyaman ketika dikenakan, sehingga akan tetap asik meskipun Kita memiliki aktifitas kegiatan yang padat sepanjang hari.

4.  Pilihlah teman-teman yang sholih dan sholihah, karena bersama mereka Kita akan memiliki pandangan hidup yang lebih baik, mereka juga akan memberikan contoh sekaligus mengajak Kita menjalankan hidup dengan cara yang baik dan menyenangkan sesuai dengan ajaran Islam.

5. Apabila tidak memungkinkan untuk selalu hadir dalam Kajian Islam, maka membuka internet adalah cara termudah dan tercepat untuk mendapatkan banyak kajian-kajian ilmu agama, bukalah dan bacalah serta dengarkan para ulama memberikan tausiahnya mengenai wajibnya seorang muslimah menutup aurat dan berhijab.

6. Apabila ada teman atau orang lain yang mencibir karena Kita telah mengenakan hijab, katakan dalam hati bahwa kita melakukannya karena Allah, karena taat padaNya, dan teman-teman yang mencibir itu karena dia kurang ilmu sehingga kita tidak perlu menghardik, mendebat apalagi mengikutinya.

7. Mintalah selalu petunjuk kepada Allah SWT, agar kita selalu berada dijalan yang benar yang di ridho’i olehNya, katakan padaNya bahwa kita benar-benar ingin hidup sesuai dengan aturanNya, mengadulah padaNya dalam setiap do’a bahwa kita ingin melalui hidup ini dengan tenang dan nyaman. Oleh karena itu mintalah selalu bimbinganNya, agar istiqomah dalam berhijab dan beribadah kepadaNya. Wallahua’lam.

Nah Itu tadi beberapa tips agar kita tetap istiqomah dalam berhijab.

Ada tambahan saran dan nasihat? silahkan Sahabat Sholiha tinggalkan tulisan di kolom komentar ya?