Type to search

Wisata Transportasi di Solo, Murah dan Menyenangkan

Traveling Uncategorized

Wisata Transportasi di Solo, Murah dan Menyenangkan

Share
wisata bus tingkat solo

Assalamualaykum Sahabat Sholiha apa kabar?

Liburan seperti ini kalian pergi kemana? Wah menjadi seorang ibu rumah tangga sepertiku kadang-kadang ikut gembira ketika tiba waktunya akhir pekan, bisa merencanakan kegiatan bersama anak-anak untuk berlibur.

Untuk akhir pekan kali ini tema liburan kita adalah Family Gathering bersama keluarga rekan-rekan di kantor suami, mengenalkan kepada anak-anak tentang moda transportasi umum. Kita akan jalan-jalan ke kota Solo dengan menggunakan kereta api dan naik bus tingkat. Bagi orang tua, wisata belanja dan kuliner tentu lebih mengasikkan, tapi bagi anak-anak mereka akan sangat senang jika bisa berpetualang dengan mencobai sesuatu yang baru seperti alat transportasi.

Naik Kereta Api Prameks

transportasi kereta api

pemeriksaan tiket kereta api

Di mulai dari pukul 07.12 pagi kami bertolak dari stasiun Tugu Yogyakarta menuju stasiun Purwosari Solo pada pukul 08. 25 wib dengan menggunakan kereta api Prambanan Ekspres. Perjalanan yang singkat itu telah memberikan kecerian yang dalam bagi anak-anak. Bagaimana tidak? Sepanjang jalan mereka terus mengamati sekeliling. Hiruk pikuk dan lalu lalang pengguna kereta, sawah dan pepohonan yang berlarian ketika kereta sedang berjalan seolah menjadi bahan untuk bertanya. Mereka terus mencari tau tentang semua hal yang mereka temui.

Untuk tiket kereta prameks jurusan Jogja-Solo ini bisa di beli dengan harga 8.000/ orang, murah bukan?

Sesampainya di Kota Solo, kita langsung menuju warung Soto Kirana. Sarapan yang ke dua sih karena sebelum berangkat tadi kita sudah sarapan di rumah. Namun tak apalah, ke luar kota tentu tidak akan terlepas dari wisata kuliner bukan?

Wisata ke Puncak Gunung, Kebun Teh Kemuning

wisata kebun teh solo

wisata alam kebun teh kemuning

Selesai sarapan, waktu sudah menunjukkan pukul 09.30 wib, bus segera membawa kami menuju puncak Kemuning menikmati sejuknya kebun teh yang nyaman dan berkabut. Jalan yang berkelok-kelok serta menjulang tinggi membuat dada berdetak lebih keras. Namun tidak demikian bagi anak-anak, mereka begitu antusias dan menikmati setiap tikungan yang sangat tajam. Setelah menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam akhirnya sampailah kita di puncak tawangmangu. Hamparan kebun teh yang luas serta suasana yang sejuk langsung menyapa pada setiap yang hadir.

Untuk bisa menikmati suasana asri disini Sahabat Sholiha cukup membayar biaya parkir saja, 5000 untuk mobil, 15.000 untuk bus, dan 2.000 untuk kendaraan sepeda motor.

Setelah puas berkeliling kebun dan berfoto, kita harus kembali melanjutkan agenda wisata kuliner yaitu makan siang ke warung nasi liwet Bu Wongso yang terkenal di kota Solo. Namun apa daya, bus berada di jalanan kota hampir 3 jam melawan lalu lintas di akhir pekan yang padat dan macet membuat kita terlewat untuk menikmati santapan yang menjadi menu khas kota Solo ini, sedangkan warung sudah tutup pukul 15.00 wib. Untuk mengganjal rasa lapar terpaksa pihak EO memesankan makan siang ayam goreng KFC yang di nikmati dia atas bus, meski agak kecewa kita tetap bersemangat melanjutkan acara selanjutnya yang sudah ditunggu-tunggu.

Wisata transportasi Solo dengan naik bus tingkat Werkudara.

wisata bus tingkat

bus tingkat werkudara

Untuk bisa naik bus ini kita harus datang pada hari sabtu, ahad dan hari libur dari pukul 09.00-16.00 wib, langsung ke kantor Dinas Perhubungan kota Solo yang berada di jalan Mentri Supeno no. 7, dengan membeli tiket seharga 20.000/orang. Akan lebih baik lagi jika memesan tiketnya minimal sehari sebelumnya ya Sahabat Sholiha, supaya tidak kehabisan.

wisata bus tingkat

wisata bus tingkat werkudara

Begitu masuk bus, anak-anak langsung berlarian menuju ke atas sedangkan para orang tua yang tidak membawa anak-anak lebih senang berada di bawah. Ternyata seru bisa menikmati setiap ruas jalan kota Solo di atas bus yang tinggi. Selama dalam dalam perjalanan, seorang pramugari akan menjelaskan sekilas tentang sejarah dan tempat-tempat yang kita lewati, sayangnya suara lembutnya kalah seru dengan deru kendaraan. Kami juga diajak berhenti di depan rumah dinas wali kota Solo yang melegenda. Dan tanpa terasa hampir 1,5 jam bus Werkudara ini membawa kami berkeliling kota Surakarta. Tawa ceria anak-anak sudah mulai menghilang seiring dengan malam yang mulai menyapa.

wisata kota solo

Rumah Dinas walikota Surakarta

Di akhir perjalanan, kami menutup wisata kali ini dengan berbelanja di pusat oleh-oleh khas Solo Javenir. Disini kita akan menemukan banyak souvenir khas jawa dengan kwalitas sangat baik, juga oleh-oleh makanan, minuman atau cemilan yang beragam. Buat Sahabat Sholiha yang menyukai sesuatu yang etnik pasti tidak akan sanggup melihat beragam pernik batik yang memanjakan mata.

javenir

javenir

toko oleh-oleh Solo

toko oleh-oleh javenir

Akhirnya waktu sudah menunjukkan pukul 19.00 wib, saatnya kita kembali pulang ke Jogjakarta tercinta. Di sepanjang perjalanan anak-anak mulai terlelap oleh rasa lelah dan bahagia setelah seharian berpetualang.

Kalau Sahabat Sholiha juga punya cerita seru tentang Wisata di kota Solo, komen ya…

Happy Travelling…

Tags:
Bunda Sholiha

Hi sholiha how are you? My name's Ana, full name's Siti Asmanah. I'm a nice woman who's proud to be a Housewife. I love cooking, reading especially about spiritual motivations, writing, singing, traveling, swimming and I very much love driving. I'm driver right? That's my big profession. Antar jemput anak-anakku sekolah, Les, ngaji, dan kemanapun mereka mau. I love that job. So let's talk about that, pasti sangat menyenangkan ❤️

  • 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *