Type to search

Tujuan Menikah Bukan Untuk Bahagia

Inspiration Motivational Uncategorized

Tujuan Menikah Bukan Untuk Bahagia

Share

Seorang teman yang berprofessi sebagai pengacara sedang berproses cerai dengan suaminya yg ketiga. Alasannya simple, “Aku menikah untuk bahagia, klo tidak bahagia, untuk apa aku menikah? Buang-buang waktu dan tenaga saja”

See? Dia wanita cerdas, cantik dan mandiri.

Tapi, belakangan aku juga baru tahu bahwa ternyata orang menikah tidak untuk bahagia, kenapa harus menikah kalau hanya untuk bahagia? Bahkan orang single pun tetap bisa bahagia.

Kalau orang menikah hanya karena mencari bahagia, dia akan segera meninggalkan pernikahan itu begitu dia tidak bahagia. Padahal dalam sebuah pernikahan ternyata ada lebih banyak tantangan dari pada bahagia, dengan siapapun orangnya.

Lalu kita akan menikah dengan berapa banyak orang agar selalu dalam keadaan bahagia? Bahagia yang seperti apa yang di inginkan? Karena dari seluruh pernikahan yang ada, tak ada satupun yang tanpa problema.

Mungkin sebaiknya kita mulai me-resett ulang niat menikah Kita, bukan untuk mencari bahagia tapi untuk beribadah kepada Allah, untuk mencari keridhaan Allah SWT. Maka keadaan apapun yang mungkin terjadi jika niat Kita adalah Allah, yakin tidak akan ada yang sulit dari pernikahan itu, tentu Bonusnya adalah bahagia.

Kita juga harus mulai ihlas bahwa setiap kebaikan tidak semata-mata jual beli yang harus dibayar dengan materi atau dibayar dengan kebaikan yang sama seketika. Masih ada hari esok dimana adakalanya kita tidak lagi mampu berbuat sesuatu maka kebaikan dan keihlasan kita hari ini mungkin bisa menjadi alasan bagi Allah SWT untuk menolong kita.

Terkadang Kita terlampau khawatir jika kebaikan kita tidak dianggap? Kita  begitu panik ketika orang lain tidak melakukan kebaikan seperti yang Kita lakukan terhadapnya? Mungkin hal yang demikianlah yang akhirnya menjadi alasan siapapun untuk tidak bertahan dengan pasangannya.

Lalu, dimana Allah? Apakah kita tidak percaya dengan Sang Pencipta yang Maha teliti? Ada ribuan malaikat yang siap mencatat setiap mili dan inci perbuatan baik manusia setiap detiknya, dan Allah tidak akan lengah untuk membayar setiap kebaikan itu.

Jadi ketika pasangan tidak berbuat sebaik yang kita inginkan, percayalah dia hanya manusia yang sama dengan yang lain, penuh kekurangan dan kesilapan. Dia tidak akan mampu membayar kebaikan yang sama sudah kita lakukan terhadapnya, jangan minta dia membalasnya, percuma, capek dan lelah karena dia tidak akan bisa melakukannya, mintalah kepada Allah. Karena hanya Dialah yang Maha membalas sekecil apapun kebaikan hambaNya.

Coba perbanyaklah berkomunikasi dengan-Nya, bukan banyak meminta pasangan membalas kebaikan Kita, Karena itu adalah impossible!

Sebagai wanita yang punya harga diri, tentu Kita akan merasa bangga apabila pasangan melakukan kebaikan bukan karena dia sedang membalas jasa, tapi karena Allah, karena niat tulus ihlas dan cintanya kepada Kita. Tapi jika kenyataannya pasangan belum mampu berbuat baik sebagaimana yang Kita harapkan, tentu Kita tidak bisa memaksanya ataupun merubahnya begitu saja.

Buku Petunjuk Makhluk Hidup

Pada akhirnya sebanyak apa manusia berdialog dengan Penciptanya, sebanyak itu jugalah dia akan menemukan bahagia. Dan bukan meminta manusia lain untuk membuat Kita bahagia.

Wallahua’lam Bisshowab

Hari yang Indah ya Sahabat Sholiha, Semoga keluarga Kita senantiasa sakinah mawaddah warahmah until Jannah.

Tags:
Bunda Sholiha

Hi sholiha how are you? My name's Ana, full name's Siti Asmanah. I'm a nice woman who's proud to be a Housewife. I love cooking, reading especially about spiritual motivations, writing, singing, traveling, swimming and I very much love driving. I'm driver right? That's my big profession. Antar jemput anak-anakku sekolah, Les, ngaji, dan kemanapun mereka mau. I love that job. So let's talk about that, pasti sangat menyenangkan ❤️

  • 1

You Might also Like

2 Comments

  1. Aamiin YRA..tulisan yang keren ukhty..

    Reply
    1. Sedang mengingatkan diri sendiri sebetulnya bund… 😊

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *