Type to search

Tips Sehat dan Bahagia Bagi Wanita karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga

Inspiration Tips

Tips Sehat dan Bahagia Bagi Wanita karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga

Share
Tips sehat bagi wanita karir

Di sepanjang sejarah manusia, wanita akan selalu identik dengan keindahan, keindahan tubuh, keindahan suara serta keindahan dalam geraknya. Tak heran jika identitas genetik tersebut menjadi amunisi utama dalam segala kehidupan antara laki-laki dan wanita. Peranan pentingnya sebagai pembentuk generasi, menjadi tumpuan utama bagi proses perjalanan hidup manusia.

Namun disadari ataupun tidak, dengan makin berjalannya waktu muncul masalah baru bagi wanita yang terkadang menjadi kemelut bagi masyarakat sekitarnya. Saat ini ada lebih banyak wanita yang harus bekerja keras menggantikan posisi laki-laki untuk mencari nafkah. Tidak jarang wanita sendiri yang memilih berkarir karena hal tersebut merupakan salah satu cara untuk mengaktualisasikan diri dan membentuk identitas bagi diri mereka.

Sebenernya sesuai dengan keadaan dan perkembangan saat ini, sudah bukan waktunya lagi seorang wanita hanya berpangku tangan menunggu dan tidak perpenghasilan. Dengan kemampuan pendidikan, persamaan derajat dan hak, seorang wanita sudah semestinya mampu beraktualisasi dengan berkarir.

Secara alamiah wanita memang diciptakan berbeda dengan kaum laki-laki, dimana seorang laki-laki memiliki otot-otot yang kekar dan memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan berat. Sehingga kepada kaum adam inipun diberikan tugas yang berat untuk mampu melindungi dan menafkahi keluarga secara layak. Sedangkan bentuk alamiah wanita yang tidak dapat tergantikan oleh laki-laki adalah mengandung, melahirkan, menyusui dan menstruasi yang sering mengakibatkan kondisi fisik dan emosi menjadi tidak stabil. Karena kondisi yang demikian mengakibatkan wanita memiliki beberapa keterbatasan, namun hendaknya hal tersebut tidak menjadikan wanita terus berada dibelakang para pria.

tips sehat dan bahagia bagi wanita

www.pexels.com

Karena peran ganda tersebut, ada beberapa tips yang dapat di lakukan agar wanita tetap dapat beraktifitas dengan baik, antara lain:

  1. Jaga kesehatan dengan makan secukupnya, mulailah pagi dengan segelas jus atau segelas kopi yang menenangkan dan banyaklah minum ait putih.
  2. Selesaikan pekerjaan satu persatu dan cerialah! Mualailah dengan mengucap basmalah dan jangan anggap pekerjaan sebagai beban.
  3. Selalu sediakan catatan untuk hal yang dianggap penting namun belum sempat di kerjakan pada saat yang sama.
  4. Hindari menunda pekerjaan yang sifatnya rutin.
  5. Hindari merokok dan minuman beralkohol.
  6. Sediakan waktu istirahat setiap 1 jam meskipun hanya sekedar bejalan satu menit.
  7. Tidur cepat bangun cepat, usahakan tidur cukup 6-7 jam setiap hari
  8. Olahraga teratur juga dipercaya memberikan efek bahagia.
  9. Berlakulah setia pada pasangan, pekerjaan, keluarga dan pada diri sediri
  10. Teruslah berfikir positif, bersyukur dan bersemangat dalam menjalani waktu.
  11. Ihlaslah dalam melakukan setiap pekerjaan, dalam memberi bantuan dan dalam menerima setiap kejadian.
  12. Berserah kepada Allah, karena Dia-lah yang dapat memberikan kemudahan, kesuksesan dan kebahagiaan, teruslah jaga komunikasi dengan-Nya dengan ibadah, selalu katakan bahwa kita bahagia namun tetap membutuhkan bimbingan, pertolongan serta perlindungan dari-Nya.

Dan yang paling penting, kebersamaan terhadap keluarga akan memberikan dorongan untuk terus menjadi lebih baik, jadi sisipkan waktu diantara kesibukan sehari-hari untuk dapat berkumpul atau bahkan hanya sekedar bertelpon dengan keluarga, khususnya kepada orang tua jika masih ada.

Bekerja yang terus menerus selain melelahkan juga akan mengakibatan timbulnya stress yang akan menjadikan hasil kerja tidak maksimal, oleh karena itu upayakan suasana damai di tempat kerja, gunakan hak cuti sakit, cuti haid, cuti hamil dan hak-hak lain sebagai pekerja wanita. Jika Anda menerapkan prilaku sehat, niscaya hal ini akan meningkatkan produktifitas kerja dan meningkatkan rasa bahagia dalam hati Anda.

Tags:
Bunda Sholiha

Hi sholiha how are you? My name's Ana, full name's Siti Asmanah. I'm a nice woman who's proud to be a Housewife. I love cooking, reading especially about spiritual motivations, writing, singing, traveling, swimming and I very much love driving. I'm driver right? That's my big profession. Antar jemput anak-anakku sekolah, Les, ngaji, dan kemanapun mereka mau. I love that job. So let's talk about that, pasti sangat menyenangkan ❤️

  • 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *