Type to search

Opor Ayam Enak ga Bikin Eneg

Cooking Inspiration Uncategorized

Opor Ayam Enak ga Bikin Eneg

Share

Assalamualaykum Sahabat Sholiha cantik, apa kabar?

Semoga senantiasa sehat, selalu dalam kebahagiaan dan perlindungan dari Allah SWT, aamiin.

Alhamdulillahirobbil a’lamiin, karena sampai hari ini kita masih diberi kesempatan oleh Allah untuk menghirup nafas dengan mudah, murah dan menyenangkan. Terlebih lagi kita masih diberi kesempatan oleh Allah untuk bertemu bulan puasa, sungguh nikmat yang tiada terkira karena itu artinya kita masih diberikan keluasan untuk beribadah dan bertaubat kepadaNya di bulan penuh rahmat dan ampunan ini.

Sudah pasti ada banyak kegiatan keagamaan setiap bulan puasa ya? Tadarrus, taraweh, kajian agama islam, kegiatan social dan lain sebagainya. Tapi kita sebagai bunda sholiha tentu tidak akan terlepas dari menyiapkan menu sahur maupun buka puasa untuk keluarga bukan? Ada kalanya kita buka puasa diluar atau beli makanan di luar, tapi untuk puasa pertama pasti akan lebih menyenangkan kalau kita masak sendiri.

Nah kali ini bunda sholiha ingin mengawali puasa dengan menu ayam opor, sambel goreng dan kerupuk, mmm enak bangeett kan…

Makanan ini termasuk lauk favorit keluargaku, Kakak Lola sama adik Tata yang biasanya makan secukupnya, tapi kalau bunda masak opor ayam? Udah deh, makannya ga kelar-kelar “Enak banget ma” Katanya.

Hayukk kita mulai:

Resep Opor Ayam

Bahan-bahan:

  • Ayam potong yang sudah bersih di lumuri dengan jeruk nipis 1 kg
  • Serai diambil putihnya 2 batang
  • Daun jeruk purut 3 lembar
  • Daun salam 3 lembar
  • Lengkuas 3 cm
  • Jahe 3 cm
  • Kunyit 3 cm di bakar lalu di geprek
  • Santan kental 250 ml
  • Santan encer 250 ml
  • Minyak goreng untuk menumis 5 sdt
  • Gula merah 2 sdm
  • Garam 2 sdt/ sesuai selera
  • Penyedap rasa/ Kaldu ayam 1 sdt

Bumbu-bumbu yang di haluskan:

  • Bawang merah 6 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Mrica butiran 2 sdt
  • Ketumbar butiran 5 sdt
  • Kemiri 5 butir

Bahan Opor Ayam

Cara Membuat Opor Ayam:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, daun salam, lengkuas, jahe, kunyit yang sudah di bakar lalu di geprek, hingga harum. Sengaja kunyit tidak dihaluskan karena saya kurang suka warna opor yang terlalu kuning, tapi juga kurang suka dengan opor yang tidak menggunakan kunyit karena akan tampak pucat. Jadi saya hanya membakar kemudian geprek aja kunyitnya supaya menghasilkan warna makanan yang agak kekuningan cantik.
  2. Masukkan santan encer hingga mendidih.
  3. Masukkan potongan ayam yang telah dilumuri dengan jeruk nipis, masak hingga ayam matang.
  4. Tambahkan santan kental, gula merah, garam secukupnya dan penyedap rasa (kaldu ayam), kecilkan api, aduk sesekali, masak hingga santan agak berminyak.
  5. Opor ayam siap terhidang

Wahh… bau harumnya menggugah selera banget, udah gitu waktu sore begini perut sudah sangat melilit setelah seharian berpuasa, ditambah dengan puasa pertama, komplit deh lapernya hehe…

Kalau untuk orang-orang dewasa sih udah ngga masalah ya puasa seharian, nah kalau buat si adek nih yang baru pertama kali puasa, dari awal ayam di cuci udah bertanya “Lama nggak ma matengnya?”. Setelah matang lebih heboh lagi, ditungguinya itu opor sama nasi. “Bedug maghribnya masih lama nggak ma?”

Haha kasian juga liatnya, tapi demi mengajarkan ibadah dan ketakwaan kepada Robbnya, ditega-tegain supaya tetap kuat sampai  waktunya berbuka. Semoga kelak anak-anak kita menjadi anak-anak sholeh-sholiha yang senang beribadah, yang sukses, yang bermanfaat bagi sesama dan bagi agama Islam, aamiin Ya Robbal A’alamiin…

Nahh Sahabat Sholiha, yukk silahkan di coba menu opor ayamnya, insha Allah seluruh keluarga akan menyukainya.

Wassalamualaykum warahmatullahi wabarakaatuh.

Tags:
Bunda Sholiha

Hi sholiha how are you? My name's Ana, full name's Siti Asmanah. I'm a nice woman who's proud to be a Housewife. I love cooking, reading especially about spiritual motivations, writing, singing, traveling, swimming and I very much love driving. I'm driver right? That's my big profession. Antar jemput anak-anakku sekolah, Les, ngaji, dan kemanapun mereka mau. I love that job. So let's talk about that, pasti sangat menyenangkan ❤️

  • 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *