Type to search

Manfaat Daun Erpah Merah, Tanaman Hias Sekaligus Obat Diabetes

Cooking Inspiration Uncategorized

Manfaat Daun Erpah Merah, Tanaman Hias Sekaligus Obat Diabetes

Share

Waktu libur lebaran yang panjang selalu menyisakan cerita-cerita seru bagi mereka yang tengah berkunjung ke sanak saudara. Akan ada keceriaan dan kesenangan yang bisa di bagikan sebagai bentuk kebahagiaan.

Tak terkecuali hari itu di penghujung liburan, kami datang ke rumah Sahabat yang hampir setahun tak kami temui. Karena kedatangan kami terlalu pagi membuat mereka harus bersiap agak lama untuk bertemu. Tak pelak kamipun berkeliling komplek rumahnya yang memang berada di kampung dan banyak tanaman liar lagi rimbun mengelilingi.

Ada satu tanaman yang cukup membuat penasaran, tanaman yang sangat cantik, tapi kenapa di biarkan meranggas kemana-mana bahkan tampak tak terurus juga tak bermanfaat. Padahal tanaman ini bisa di gunakan sebagai sayur, salad bahkan bisa untuk pengobatan herbal. Warnanya yang cerah dan cantik membuat tanaman ini juga dapat di gunakan sebagai tanaman hias.

Ternyata benar, sang pemilik rumah tak tau bahwa daun cantik ini sebenarnya sangat bermanfaat untuk Kesehatan ginjal, kolesterol, dapat mengendalikan keluhan diabetes dan dapat menyembuhkan kanker usus besar, apabila mengalami sembelit daun ini juga dapat membantu mengatasi susah buang air besar karena kandungan seratnya yang tinggi, namanya Daun Erpah Merah.

Tanaman ini termasuk jenis yang sangat mudah di tanam, dia bisa tumbuh di mana saja. cukup menancapkan batangnya yang sudah tua ke dalam pot atau Tanah yang basah, dalam beberapa hari akan langsung tumbuh subur dan berdaun banyak.

Hari itu akhirnya kita melakukan uji coba dengan membuat tanaman ini menjadi cemilan kripik, sebagaimana kripik bayam yang lezat dan sehat.

Yukk kita coba resepnya…

Resep Kripik Daun Erpah Merah

Bahan:

Daun erpah merah

5 Sdm Tepung beras

1 Sdm Tepung maizena

5 sdm Tepung bumbu serba guna

1 butir telur

200 cc air

Minyak Goreng

Caranya:

Campur seluruh bahan menjadi adonan yang tidak kental, masukkan daun erpah merah dan goreng satu persatu  daun ke dalam minyak panas dengan api sedang. Setelah matang tiriskan.

Taraa… Inilah hasilnya, kriuk, enak, dan bermanfaat.

Daun Erpah Merah

Daun Erpah Merah ini bisa juga di nikmati mentah sebagai campuran salad, atau di makan bersamaan dengan nasi putih sebagai sayur bening atau tumisan.

Sayang kan kalau cuma di biarkan di pekarangan rumah tanpa alasan?

Yuk kita kembali ke alam…

Tags:
Bunda Sholiha

Hi sholiha how are you? My name's Ana, full name's Siti Asmanah. I'm a nice woman who's proud to be a Housewife. I love cooking, reading especially about spiritual motivations, writing, singing, traveling, swimming and I very much love driving. I'm driver right? That's my big profession. Antar jemput anak-anakku sekolah, Les, ngaji, dan kemanapun mereka mau. I love that job. So let's talk about that, pasti sangat menyenangkan ❤️

  • 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *