Type to search

Dahsyatnya Sedekah di Hari Jum’at

Inspiration Motivational Social activities Uncategorized

Dahsyatnya Sedekah di Hari Jum’at

Share

Hallo Sahabat Sholiha, semoga Anda penuh kebahagiaan hari ini.

Alhamdulillah kita dipertemukan lagi dengan hari jum’at, hari yang istimewa bagi umat Islam. Hari jum’at adalah hari yang penuh berkah, hari yang agung dan di muliakan. Hari jumat juga di sebut sayyidul ayyam sebagai penghulu hari-hari yang lain yaitu hari yang paling baik dalam sepekan, sedangkan hari arofah adalah hari yang terbaik dalam setahun.

Bagi kaum muslimin, hari jumat juga memiliki makna yang sangat dalam yang merupakan hari terbaik dalam beribadah, dimana pada hari ini setiap doa akan dikabulkan dan setiap dosa akan dihapuskan.

Lubabah bin Ibnu Mundzir radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Hari jum’at adalah penghulu hari-hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah, hari jum’at ini lebih mulia dari hari raya Idhul Fitri dan Idul Adha di sisi Allah, pada hari jum’at terdapat lima peristiwa, diciptakannya Adam dan diturunkannya ke bumi, pada hari jum’at juga Adam dimatikan, di hari jum’at terdapat waktu yang mana jika seseorang meminta kepada Allah maka akan dikabulkan selama tidak memohon yang haram, dan di hari jum’at pula akan terjadi kiamat, tidaklah seseorang malaikat yang dekat di sisi Allah, di bumi dan di langit kecuali dia dikasihi pada hari jum’at.” (HR. Ahmad)

Pada hari jum’at ummat Islam dianjurkan agar membaca surah Al-Kahfi, banyak bersholawat atas Nabi Muhammad saw, banyak beristighfar dan banyak bersedekah.

Bicara tentang sedekah, biasanya dalam bayangan kita adalah harta yang banyak, sedekah kepada fakir miskin, kepada anak yatim piatu dan seterusnya. Sehingga ketika sedang tidak banyak harta yang tersedia, kita jadi enggan bersedekah. Padahal sedekah itu meliputi apapun yang ingin kita berikan kepada orang lain, yang pemberian itu bisa membahagiakan dan memuliakan yang menerima. Baik kepada dhuafa, kepada keluarga ataupun kepada siapa saja.

Seperti hari itu, saya bertemu tanpa sengaja dengan seorang teman yang sedang berjalan membagikan dua bungkus nasi padang kepada orang yang dia temui di jalan khususnya yang sedang bersepeda. Haa Cuma dua bungkus? Iya karena hari ini dia hanya mampu bersedekah dengan dua bungkus nasi. Dan teman saya ini unik, pokoknya setiap juma’at dia mengharuskan dirinya sendiri bersedekah dengan apapun, khusunya sedekah harta atau barang. Ketika dia hanya memiliki uang 10.000 rupiah dia membaginya menjadi 2.000an kemudian di berikannya kepada 5 anak kecil di sekitarnya. Beberapa waktu lalu pada hari jum’at, dia datang kerumah membawakan sayur oseng kikil mercon yang super pedas, rupanya hari itu dia sedang masak banyak dan membagikan kepada teman-temannya. Begitu juga dengan hari-hari jumat yang lainnya. Sungguh luar bisa, dia bahkan tampak biasa saja tapi kecintaannya dalam bersedekah membuatnya hidup nyaman dan berkecukupan, menyenangkan bukan?

Allah SWT berfirman yang artinya: “Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugrah-Nya) lagi Maha Mengetahui“. (QS. Al-Baqoroh: 261)

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239).

Menjadi seseorang yang senang bersedekah akan membuatnya memiliki banyak teman dan dicintai banyak orang. Sedekah juga membuat hati menjadi lapang, bahagia dan di cintai oleh Allah serta Rasulullah, apalagi bersedekah pada hari jum’at?

Kira-kira hari jum’at ini kita bersedekah apa ya Sahabat Sholiha? Kebaikan apa yang sudah kita lakukan setiap pekan? Yuk bersedekah…

Ayo Sedekah

Tags:
Bunda Sholiha

Hi sholiha how are you? My name's Ana, full name's Siti Asmanah. I'm a nice woman who's proud to be a Housewife. I love cooking, reading especially about spiritual motivations, writing, singing, traveling, swimming and I very much love driving. I'm driver right? That's my big profession. Antar jemput anak-anakku sekolah, Les, ngaji, dan kemanapun mereka mau. I love that job. So let's talk about that, pasti sangat menyenangkan ❤️

  • 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *