Type to search

Cara Mudah Menyimpan dan Mengolah Daging Agar Cepat Empuk

Culinary Inspiration Tips

Cara Mudah Menyimpan dan Mengolah Daging Agar Cepat Empuk

Share
cara mudah mengolah daging sapi

Berbeda dengan makanan lain menyimpan daging tidak boleh sembarangan, ada cara tertentu agar daging tidak mudah rusak dan tetap terjaga kwalitasnya meski sudah disimpan cukup lama. Demikian pula dengan cara mengolahnya harus dengan trik-trik tertentu agar mudah dan cepat empuk sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.

cara menyimpan daging

pexels.com

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menyimpan daging anatar lain:

  1. Potong daging menjadi potongan sedang atau kecil sesuai dengan kebutuhan sekali masak.
  2. Lap daging dengan tisu dapur dan jangan cuci daging dengan air sebelum akan di masak. Berbeda dengan daging ayam yang lebih baik di cuci terlebih dahulu sebelum di simpan dalam freezer.
  3. Simpan ke dalam wadah container yang kedap udara lalu simpan ke dalam freezer, akan lebih bagus jika satu potong daging dalam satu wadah, sehingga akan memudahkan dalam mengambil daging. Hal ini membuat daging yang lain tetap terjaga suhunya, tidak keluar masuk freezer sehingga kwalitas dan kesegaran daging akan tetap terjaga. Tambahkan irisan jeruk lemon atau jeruk nipis ke dalam setiap wadah container.
  4. Apabila daging sudah akan di olah, turunkan daging dari freezer kemudian diamkan ke dalam suhu ruangan, setelah agak lunak daging bisa di cuci dengan air bersih dan di olah menjadi masakan lezat kesukaan.

Lalu bagaimana caranya mengolah daging agar cepat empuk, sedangkan kita tahu untuk mengolah daging menjadi masakan yang lezat, memerlukan waktu yang cukup lama. Tidak usah kawatir karena jika tau caranya memasaknya, akan menjadi pekerjaan yang singkat dan hemat.

Ada beberapa cara sederhana dan mudah yang bisa di lakukan untuk mengolah daging supaya cepat empuk antara lain:

  1. Potong daging menjadi potongan yang kecil atau di iris tipis-tipis. Dengan membuat potongan daging menjadi kecil-kecil tentu memerlukan waktu yang lebih cepat untuk mematangkan daging karena daging akan mudah lunak dan bumbu lebih cepat meresap.
  1. Menggunkan daun papaya. Cuci bersih daun papaya lalu remas-remas sampai getah daunnya keluar, kemudian bungkus daging dengan daun papaya dan diamkan kurang lebih 30 menit di dalam lemari pendingin.
  1. Siapkan nanas parut. Sama seperti daun papaya, dalam buah nanas terkandung bromelin yang berfungsi mengurai serat daging menjadi lunak. Dengan melumukan parutan nanas ke seluruh permukaan daging akan membuat daging menjadi mudah lunak dan empuk, diamkan dalam kulkas.
  1. Balur daging dengan parutan jahe, diamkan beberapa saat di dalam kulkas
  2. Baking Powder. Untuk mengolah daging menjadi masakan sapi lada hitam atau sate, Anda bisa membubuhkan baking powder pada keseluruhan permukaan daging dan tunggu beberapa saat dalam kulkas.

Setelah daging empuk, segera cuci bersih dan olah menjadi menu makanan yang lezat sesuai selera. Selamat memasak Sahabat Sholiha…

cara mengolah daging agar cepat empuk

pexels.com

Tags:
Bunda Sholiha

Hi sholiha how are you? My name's Ana, full name's Siti Asmanah. I'm a nice woman who's proud to be a Housewife. I love cooking, reading especially about spiritual motivations, writing, singing, traveling, swimming and I very much love driving. I'm driver right? That's my big profession. Antar jemput anak-anakku sekolah, Les, ngaji, dan kemanapun mereka mau. I love that job. So let's talk about that, pasti sangat menyenangkan ❤️

  • 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *