Type to search

Cara Mudah Belajar Membaca Al-Qur’an

Inspiration Motivational Social activities Tips

Cara Mudah Belajar Membaca Al-Qur’an

Share
belajar membaca Al-Qur’an

Sebagaimana buku panduan yang wajib di ketahui oleh setiap orang jika ingin mengoperasikan sebuah barang, maka Al- Qur’an adalah sebuah buku petunjuk, panduan hidup yang jauh lebih penting untuk di pahami dan di mengerti oleh setiap muslim. Coba bayangkan hanya untuk mengoperasikan sebuah barang, mesin cuci misalnya kita sangat perlu memahami bagaimana cara kerjanya, aturan penggunaannya dan lain sebagainya. Bahkan mesin cuci tersebut bisa menjadi error sampai rusak jika salah dalam mengoperasikan. Bagaimana dengan kehidupan yang begitu kompleks problematikanya, yang sangat panjang usianya dan tujuan akhirnya adalah bahagia di dunia dan syurga di akhirat? Mana mungkin kita dapat sampai disana jika tidak menggunakan buku panduan?

Nah dalam islam buku panduan, petunjuk arah dan aturan tersebut secara komplit ada dalam Al- Qur’an, memahami isi yang terkandung di dalamnya, serta menjalankannya adalah sebuah keharusan jika ingin mencapai tujuan hidup yang bahagia, mulia dan syurga. Tak ada satu orangpun yang berhasil mencapai tujuan seperti diatas jika tidak menggunakan Al-Qur’an sebagai pedoman. Disamping sebagai petunjuk hidup, ayat-ayat Al-Qur’an juga harus di baca di dalam setiap sholat, oleh karenanya belajar membaca Al-Qur’an adalah sebuah kewajiban yang tak dapat di tawar lagi.

belajar membaca Al-Qur’an

Cara mudah membaca Al-Qur’an

Namun bagaimana jika usia sudah tidak muda lagi untuk memulai belajar membaca Al-Qur’an? Tidak usah khawatir, ada beberapa tips yang dapat di gunakan agar mahir membaca Al-Quir’an antara lain:

  1. Niatkan sungguh-sungguh dalam hati, pahami tentang betapa penting belajar membaca Al-Qur’an.

“Maha Suci Allah yang telah menurunkan al-Furqân (Al-Qur`ân) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam”. (al-Furqân:1)

“Sesungguhnya Al-Qur`ân itu benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril), yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai ‘Arsy, yang ditaati disana (di alam malaikat) lagi dipercaya”. (at-Takwîr:19-21).

“Ini adalah sebuah Kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayat-Nya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran”. [Shâd:29].

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`ân dan  mengajarkannya. (HR Bukhari).

“Bacalah Al-Qur`ân, karena ia akan datang pada hari Kiamat sebagai pemberi syafaat bagi orang yang membacanya. (HR Muslim).

  1. Temuilah seorang guru yang bisa membantu Anda belajar membaca Al-Qur’an dengan benar.
  2. Siapkan waktu minimal satu jam setiap hari untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Allah Maha luas kasih sayangNya dengan memberikan waktu selama 24 jam dalam sehari, agar kita dapat melakukan banyak hal. Menyiapkan waktu satu jam setiap hari untuk belajar Al-Qur’an tentu bukan sesuatu yang sulit, mengingat begitu besar kegunaan dan manfaatnya yaitu untuk memahami sebuah petunjuk arah menuju kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat, untuk memperoleh ridho dari Allah SWT.
  3. Lakukan dengan terus-menerus, istiqomah. Buatlah komitmen yang tinggi agar mudah dan senang menjalankannya. Memahami dan meyakini kebenaran Al-Qur’an adalah modal utama istiqomah.
  4. Berkumpullah dengan orang-orang sholih-sholiha sehingga mereka dapat membantu mengingatkan akan pentingnya membaca dan mempelajari Al-Qur’an, serta dapat membantu membenarkan bacaan Anda.
  5. Ikutlah kajian rutin tentang agama Islam, karena dalam kajian-kajian tersebut tentu akan membahas tentang isi dan makna yang terkandung dalam Al-Qur’an, sehingga Anda akan semakin faham dan yakin.
  6. Minta petunjuk kepada Allah agar diberikan kemudahan dan kefahaman dalam mempelajari Al-Qur’an. Dia-lah Pemilik kalam Al-Qur’an, hanya kepadaNya-lah sebaiknya meminta ridho, agar di pertemukan dengan semua hal yang akan mendukung langkah hijrah kita.

Sebagaimana seseorang yang ingin pergi ke suatu tempat, dia perlu petunjuk arah atau maps (peta), seperti itu juga perjalanan hidup manusia, untuk mencapai sebuah tujuan akhir yang indah tidak ada jalan lain kecuali mengikuti petunjuk yang sudah di berikan oleh Sang Pencipta, yaitu Al-Qur’an.

Selamat belajar Sahabat Sholiha…

cara mudah belajar Al-Qur’an

belajar membaca Al-Qur’an

Tags:
Bunda Sholiha

Hi sholiha how are you? My name's Ana, full name's Siti Asmanah. I'm a nice woman who's proud to be a Housewife. I love cooking, reading especially about spiritual motivations, writing, singing, traveling, swimming and I very much love driving. I'm driver right? That's my big profession. Antar jemput anak-anakku sekolah, Les, ngaji, dan kemanapun mereka mau. I love that job. So let's talk about that, pasti sangat menyenangkan ❤️

  • 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *