Type to search

Bagaimana Tata Cara Mendaftar Agar Cepat Naik Haji

Motivational

Bagaimana Tata Cara Mendaftar Agar Cepat Naik Haji

Share
tata cara mendaftar haji

Dapat menunaikan ibadah haji ke Baitullah adalah cita-cita dan impian tertinggi bagi setiap muslim. Dalam ibadah haji ada sangat banyak nilai-nilai kehidupan dan nilai spiritual yang terkandung di dalamnya. Untuk bisa menunaikan ibadah haji sesorang juga harus memenuhi berbagai macam aspek, kesehatan, kesempatan dan finansial yang cukup. Meski demikian tidak akan menyurutkan siapapun muslimin muslimah untuk datang ke Makkah Al-Munawwaroh untuk menjalankan ibadah haji. Karena ibadah haji merupakan salah satu syarat rukun sahnya menjadi seorang muslim.

Rosulullah saw bersabda: “Islam ini dibangun di atas lima perkara: (1) Persaksian bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, (2) mendirikan sholat, (3) menunaikan zakat, (4) pergi haji ke baitullah, dan (5) berpuasa pada bulan Romadhon.” (HR. Bukhari Muslim).

Bagaimana cara mendaftar ibadah haji

Syarat ibadah haji

Ada dua cara yang bisa di pilih oleh calon jamaah haji apabila ingin mendaftarkan diri sebagai jamaah haji yaitu mendaftar melalui cara regular atau melalui haji plus. Haji regular di selenggarakan oleh pemerintah melalui kementrian agama, sedangkan haji plus di selenggarakan oleh travel penyelenggara haji plus yang sudah mendapatkan ijin resmi dari kementrian agama. Perbedaan keduanya terletak pada lama masa tunggu, jumlah dana yang harus di bayarkan dan fasilitas yang di dapat oleh jamaah haji. Lama masa tunggu pada pemberangkata haji regular mencapai 15- 25 tahun, sedangkan haji plus hanya menunggu antara 3-6 tahun saja pada tahun 2019. Perbedaan lainnya terletak pada fasilitas yang di terima oleh jamaah haji, dimana dalam haji plus jamaah akan mendapatkan penginapan di hotel bintang 4 atau 5 di sekitar tempat ibadah sehingga memungkinkan jamaah lebih mudah apabila ingin menjalankan ibadah. Kebutuhan konsumsi jamaah haji plus seluruhnya ditanggung oleh pihak travel penyelenggara, sedangkan pada jamaah regular menjadi tanggung jawab pribadi. Demikian juga dengan keberangkatan dan kepulangan haji plus seluruhnya menjadi tanggungan penyelenggara travel, sedangkan pada pemberangkatan dan kepulangan haji regular jamaah ditangani oleh kementrian agama di damping oleh pihak manasik haji. Dengan tingkat kenyamaan yang jauh berbeda tentu saja jamaah haji plus harus membayar dengan biaya yang lebih tinggi yaitu antara  150 jt- 250jt per orang. Sedang pada haji regular calon jamaah cukup membayar 35-40 juta rupiah saja. Dengan perbedaan ini membuat banyak calon jamaah tetap memilih jalur regular.

bagaimana agar segera naik haji

Penyelenggara Umroh dan Haji Plus

Lalu bagaimana caranya agar kita sebagai ummat muslim dapat segera sampai ke Baitullah menjalankan ibadah haji?

Bagi Anda yang lebih tertarik dengan haji regular, berikut ini prosedur pendaftarannya: (Sumber kemenag.go.id)

  1. Calon jamaah haji membuka tabungan haji pada BPS BPIH sesuai domisili dengan syarat membawa KTP dan setoran awal sebesar 25 juta rupiah.
  2. Calon jamaah menandatangani surat pernyataan memenuhi persyaratan pendaftaran haji yang di terbitkan oleh kementrian agama RI.
  3. Calon jamaah haji melakukan transfer ke rekening mentri agama sebesar setoran awal BPIH pada cabang BPS BPIH sesuai domisili.
  4. BPS BPIH menerbitkan lembar bukti setoran awal yang berisi nomor VALIDASI (Harap perhatikan nomor Validasi Anda).
  5. Document bukti setoran awal BPIH di temple pas foto calon jamaah haji ukuran 3×4 cm dan bermaterai.
  6. Calon jamaah haji mendatangi kementrian agama kabupaten/kota dengan membawa dokumen atau bukti setoran awal dan persyaratan lain sesuai ketentuan untuk di verifikasi kelengkapannya paling lambat 5 hari kerja setelah pembayaran setoran awal BPIH.
  7. Calon jamaah haji mengisi formulir pendaftaran haji berupa surat pendaftaran pergi haji (SPPH) dan menyerahkannya kepada petugas kantor kementrian agama kabupaten/kota.
  8. Calon jamaah haji menerima lembar bukti pendaftaran haji yang berisi NOMOR PORSI pendaftaran di tandatangani dan di bubuhi stempel dinas oleh petugas kantor kementrian agama kabupaten/kota (HARAP PERHATIKAN NOMOR PORSI ANDA).
  9. Kantor kementrian agama kabupaten/kota menerbitkan bukti cetak SPPH sebanyak 5 (lima) lembar yang setiap lembarnya di cetak/di stempel pas foto calon jamaah haji ukuran 3×4 cm.

Prosedur Pendaftaran Haji Plus:

  1. Anda bisa datang ke travel agent haji dan umroh yang telah memiliki ijin resmi dari kementrian agama.
  2. Membayar biaya pendaftaran kurang lebih 5 juta rupiah dan menyetor tabungan haji plus minimal 5.000 USD untuk mendapatkan nomor porsi haji.
  3. Membawa kelengkapan surat-surat antara lain:
  • KTP, KK, Surat Nikah Asli
  • Foto kopi KTP, KK, Surat Nikah sebanyak 3 lembar
  • Pas foto ukuran 3×4 sebanyak 35 lembar dan ukuran 4×6 sebanyak 10 lembar, background putih, fokus wajah 80%, wanita berkerudung selain putih.
  1. Setelah mendapatkan nomor porsi haji, Anda tinggal menunggu sambil mempersiapkan diri dengan mengikuti manasik haji, menyiapkan passport jika belum ada dan suntik meningitis sebelum keberangkatan.
  2. Anda dapat melakukan pelunasan setelah mendapatkan kepastian dari travel tentang keberangkatan haji.

Semoga kita termasuk hamba-hamba Allah yang di berikan kesempatan untuk menunaikan ibadah umroh dan haji dengan cara yang mudah.

Keutamaan Ibadah Haji

Untuk informasi lebih lengkap mengenai umroh dan haji plus melalui PT Arminareka, silahkan hubungi kami: 0818-0418-5587

Tags:
Bunda Sholiha

Hi sholiha how are you? My name's Ana, full name's Siti Asmanah. I'm a nice woman who's proud to be a Housewife. I love cooking, reading especially about spiritual motivations, writing, singing, traveling, swimming and I very much love driving. I'm driver right? That's my big profession. Antar jemput anak-anakku sekolah, Les, ngaji, dan kemanapun mereka mau. I love that job. So let's talk about that, pasti sangat menyenangkan ❤️

  • 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *